Sabtu, 29 Agustus 2015

Hakikat Bahasa Inggris


            Menurut  Isriani Hardini (2012:183) dalam bukunya Strategi Pembelajaran Terpadu. Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia karena bahasa merupakan alat komunikasi manusia dalam kehidupan sehari – hari. Dengan bahasa seseorang dapat menyampaikan ide, pikiran, perasaan atau informasi kepada oranglain, baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini sejalan dengan pemikiran para ahli bahwa bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manuisia. Bahasa dipergunakan pada sebagian besar aktivitas manusia, tanpa bahasa manusia tidak dapat mengungkapkan perasaannnya, menyampaikan keinginan, memberikan saran dan pendapat, bahkan sampai tingkat pemikiran seseorang yang berkaitan dengan bahasa. Semakin tinggi penguasaan bahasa seseorang, semakin baik pula penggunaaan bahasa dalam berkomunikasi.
            Menurut Todd (2000:6): “A language is a set of signal by which we communicate. Human beings are not the only species to have an elaborate communication system”.  Makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan memiliki bahasanya masing-masing. Bahasa merupakan tanda-tanda yang digunakan jika kita ingin berkomunikasi. Tidak hanya manusia yang mempunyai bahasa tersendiri, hewan pun memiliki bahasanya masing-masing. mereka memiliki sistem bahasa yang rumit yang dapat dimengerti oleh sesama jenis mereka masing-masing. Selain itu menurut Todd (2000:7) pula bahwa: “A language is an abstraction based on the linguistic behaviour of its users”. Manusia menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dalam lingkungan sosialnya. Masing-masing komunitas bahasa berbeda-beda dalam menggunakan bahasa, khususnya bahasa Inggris. Karena berbeda letak geografis dan lingkungan sosialnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan tingkah laku / adat istiadat yang berlaku dalam suatu komunitas masyarakat berbeda-beda sehingga bahasa antara daerah yang satu dengan yang lainnya terkadang berbeda pula.
            Menurut Siahaan (2008:1).: “Language is a set of rules and used by human as a tool of their communication”. Bahasa merupakan sekumpulan aturan-aturan yang digunakan oleh manusia sebagai alat komunikasi. Penggunaan bahasa berawal dari aturan-aturan yang berlaku sesuai dengan adat dan kebudayaan daerahnya masing-masing. Jika dalam masyarakat tidak mengikuti aturan-aturan dalam bahasa maka akan terjadi komunikasi yang tidak efektif dan tidak berjalan dengan lancar, bahkan akan terjadi kesalahpahaman diantara mereka. Maka dari itu dalam berkomunikasi dapat berjalan dengan baik, orang yang berkomunikasi harus menggunakan aturan-aturan bahasa yang digunakannya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.
      Bahasa inggris merupakan bahsa internasional yang sangat luas penggunaannya.  Brumfit (2001:35) “English is an international language that it is the most widespread medium of international communication”. Sebagai bahasa international, bahsa inggris digunakan sebagai sarana komunikasi antara bangsa yang memiliki bahasa yang berbeda – beda. Perbedaan bahasa pertama tidak akan menghalangi orang-orang dalam berkomunikasi seperti bahasa inggris. Bahasa Inggris merupakan salah satu alat komunikasi yang digunkan secara lisan maupun tulisan. Bahasa inggris adalah bahasa asing yang sering digunakan di Indonesia bahkan telah diajarkan di sekolah – sekolah.
      Bahsa inggris dilihat dari segi peranannnya saat ini di dunia, menurut hornby (2005 :506) menyatakan bahwa “English is the language originally of England, now spoken in many other countries and used as a language of international communication trough out the world” pada dasarnya bahasa inggris adalah bahasa asli Negara inggris.
Berdasarkan teori – teori dan penjelasan tentang hakikat bahasa Inggris diatas penulis menyimpulkan bahwa bahasa itu memiliki peranan yang sangat penting dalam kehiduan manusia, bahasa menjadi salah satu faktor penunjang terjalinnya komunikasi antar manusia yang membawa banyak sekali dampak perubahan dalam perkembangan kehidupan manusia. Bisa dibayangkan ketika manusia hidup dengan tanpa ada bahasa itu bisa dipastikan bahwa komunikasi tidak akan berjalan dengan lancar selain itu tidak menutup kemungkinan akan terjadi komunikasi yang salah pengertian satu sama lainnya. Selain itu, bahasa inggris adalah bahasa internasional yang sering digunkan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan orang lain jadi, bahasa inggris adalah bahasa asing pertama yang digunkan di Indonesia untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan bangsa laian terutama dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi yang senantiasa menuntut setiap orang untuk dapat berkomunikasi secara internasional sesuai dengan kepentingan dan perkembangan jaman.
BY : Cuyethyun


7 komentar:

  1. Makasih buat informasi tentang hakikat bahasa Inggris ada sumber bukunya tidak?

    BalasHapus
  2. buku kutip atas nama todd judulnya apa yaa

    BalasHapus
  3. thank for the information,, so useful for me

    BalasHapus
  4. mau nanya judul buku dari todd itu apa ya?? please lagi butuh bgt infonya

    BalasHapus
  5. adakah refrensi bukunya kak. mohon infonoya . saya butuh bukunya

    BalasHapus
  6. judul buku dari todd apa ya kak?

    BalasHapus
  7. jadi gini, daftar pustakanya mana ya, tiati dicap plagiarism loh

    BalasHapus